Misteri “The Wailing”

thewailing-poster-final

Berawal dari rasa penasaran setelah nonton salah satu episode 2 Days 1 Night yang mereka ulang adegan paling  popular di sebuah film thriller (seorang cewek duduk jongkok sambil melempar batu), akhirnya hati gue tergerak untuk nonton versi asli dari adegan tersebut, The Wailing!

 

vlcsnap-2016-12-04-17h31m12s075

 

The Wailing merupakan film thriller Korea Selatan yang lumayan banyak dibicarakan oleh netizen di sana, lho. Tau dari mana ya gue? Ya pokoknya denger desas desusnya sih gitu.. (mendadak gak valid)
Jadi gini, hampir sama seperti Train to Busan, film ini gak jauh-jauh dari darah, teriak-teriak dan acting para pemain yang super B. Mungkin Korea Selatan lagi kehabisan cerita romance kali ya..

Yang ingin gue bahas di sini adalah ending dari cerita The Wailing sendiri yang menurut gue cukup membuat orang bingung. Sebelumnya, gue mau membahas sedikit tentang film The Wailing itu sendiri. Mungkin aja yang udah nonton, lupa jalan ceritanya. Makanya jangan inget mantan terus.

Cerita tentang apa sih The Wailing?
The Wailing menceritakan tentang kisah seorang ayah bernama Jong Goo yang berusaha mengobati putri kecilnya, Hyo Jin, dari kekuatan spiritual. Kalau di Indonesia kita sebut “ketempelan”.
Jong Goo mencurigai salah satu penduduk yang merupakan orang Jepang sebagai tersangka utamanya, karena sejak orang Jepang itu pindah ke desa tempat dia tinggal, banyak penduduk yang meninggal secara misterius.

Iapun memanggil shaman atau dukun untuk melawan kekuatan spiritual yang diderita Hyo Jin. Selama kejadian aneh di desanya muncul, Jong Goo bertemu dengan seorang wanita misterius yang berusaha memberi tahu apa yang sebenarnya terjadi, namun ia tidak mengetahui siapa wanita itu.

Pertanyaan gue setelah menonton film ini adalah:

  1. Siapa wanita yang Jong Goo temui?
  2. Siapa devil sebenarnya?
  3. Apakah Jong Goo meninggal?

 

Apa kalian juga punya pertanyaan yang sama kaya gue? Kalau iya, mungkin kita jodoh. (enggak)
Setelah kepo sana sini, akhirnya gue bisa menjawab pertanyaan gue sendiri. Dan karena gue baik hati, gue akan membocorkan semua misteri ini *drum rolling*

Wanita yang pernah ia temui dan selalu memakai baju putih itu adalah shaman atau dukun yang sesungguh-sungguh-sungguh-sungguhnya! Dia orang baik. Sang shaman berusaha melawan devil yang sesungguhnya dan berusaha menolong Jong Goo. Adegan dimana shaman pilihan Jong Goo melakukan upacara pengusir iblis, sebenarnya itu untuk melawan sang wanita, bukan si orang Jepang. Justru si shaman gadungan ini adalah kaki tangannya. Di adegan terakhir film, sang shaman gadungan nggak sengaja menjatuhkan sebuah kotak yang berisi foto-foto para korban yang meninggal, dimana sebelumnya foto-foto itu ada di rumah the real devil alias si orang Jepang.

vlcsnap-2016-12-04-17h48m14s385

vlcsnap-2016-12-04-17h35m41s282

Sewaktu shaman gadungan ini melihat si wanita misterius di depan rumah Jong Goopun, dia mengeluarkan banyak darah dan muntah-muntah. Ini bisa disimpulkan bahwa si shaman bukan manusia biasa! *jeeeeng jeeeeng!*
Melihat darah yang keluar dari hidungnya itu banyak banget, seharusnya dia pingsan karena kekurangan darah. Tul gak nih? Tul dong!

vlcsnap-2016-12-04-17h33m57s658

Terus gimana nasib Jong Goo? Di adegan terakhir, gue pikir Jong Goo meninggal karena dibunuh oleh Hyo Jin, tapi ternyata dia masih bisa bicara. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Jong Goo masih hidup dan akhirnya jadi  gila setelah apa yang terjadi dengan keluarganya. Logikanya gitu kan? Kita main logika aja ya, jangan main hati :))

Film ini sungguh plot twist!
Nah bagi yang lagi bosen sama cerita menyek-menyeknya Korea Selatan atau bahkan bosen sama kisah percintaan diri sendiri, film ini recommended buat ditonton. Apalagi durasi film The Wailing 2 jam 30 menit, lumayan buat ngisi kekosongan hidup.
Gue beri nilai 8.5/10 untuk The Wailing!

Advertisements

One comment

  1. yoyokkeselakcendol · · Reply

    Si cewek kalo gak salah penggambaran roh penunggu desa, sedangkan shaman sama dukun Jepang itu komplotan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: