Review – Reply Series

Berawal dari Reply 1997 yang mendapatkan respon positive dari netizen, tvN (salah satu stasiun TV di Korea) memutuskan untuk membuat series drama Korea ini ke dalam beberapa dekade, yaitu Reply 1994 dan Reply 1988. Menceritakan tentang apa sih series Reply itu? Series Reply adalah drama Korea yang menggambarkan kehidupan beberapa anak remaja di Korea pada tahun 1997, 1994 dan 1988. Reply 1997 merupakan series Reply pertama yang tayang pada tahun 2013, kemudian dilanjutkan dengan Reply 1994 yang tayang pada tahun 2014, dan terakhir adalah Reply 1988 yang tayang pada 2015. Ketiga series Reply ini memiliki kesamaan alur cerita namun tidak berkaitan satu sama lain.

Alur cerita yang sengaja dibuat mundur, akan membuat penonton mati penasaran dengan ending ceritanya. Meskipun ketiga series ini punya alur yang sama, tapi masing-masing punya daya tarik tersendiri untuk ditonton.
Apa saja sih keunikan masing-masing series Reply ini?

 

Reply 1997

Reply-1997-Poster-2

Reply 1997 menceritakan tentang Sung Shi Won, gadis Busan yang sangat mengidolakan boyband Korea yang tenar pada tahun 1997, yaitu H.O.T. Kegilaannya terhadap salah satu member H.O.T, Tony Ahn, membuat salah satu sahabatnya, Yoon Yoon Jae geleng-geleng kepala. Mulai dari bolos pelajaran sekolah demi menonton konser H.O.T, mengunjungi rumah Tony Ahn yang berada di Seoul, hingga bertengkar dengan sahabatnya, Mo Yoo Jung, yang berkhianat karena ia menyukai boyband lain, yaitu Sechkies, secara diam-diam tanpa sepengetahuannya.

seo-in-guk-a-pink-eunji

Yoon Jae & Shi Won

Cerita yang diangkat di Reply 1997 ini adalah kisah persahabatan antara Shi Won dan Yoon Jae yang sudah berteman sejak kecil. Orangtua Yoon Jae meninggal sejak ia masih kecil, sehingga ia dan sang kakak, Yoon Tae Woong, dirawat oleh orangtua Shi Won. Kisah persahabatan keduanya berubah sejak Yoon Jae menyukai Shi Won tanpa Shi Won sadari. Yoon Jaepun harus mengalah pada sang kakak, karena ternyata Tae Woong lebih dulu menyatakan perasaannya terhadap Shi Won. Sampai pada akhirnya mereka lulus sekolah, Yoon Jae baru berani mengungkapkan perasaannya terhadap Shi Won. Mereka berpisah selama beberapa tahun karena Shi Won melanjutkan kuliahnya di Seoul. Selang beberapa tahun kemudian, Shi Won dan Yoon Jae bertemu kembali tanpa sengaja.

tumblr_mavk0gptpn1rqgnw4o2_r2_500

Selain kisah percintaan Shi Won dan Yoon Jae, yang menarik dari drama ini adalah kisah persahabatan antara Shiwon, Yoon Jae, Joon Hee, Yoo Jung, Hak Chan dan Sung Jae. Sung Jae memiliki karakter tukang onar dan senang membual, Yoo Jung dan Hak Chan adalah sepasang kekasih, sedangkan Joon Hee, tidak banyak bicara dan diam-diam menyukai Yoon Jae. Yap, Joon Hee adalah seorang homoseksual di drama ini.

tumblr_m9i405sLpQ1qj8hk9o1_500_large

Bagi kamu yang mengidolakan artis ataupun idol, drama ini cocok banget buat jadi gambaran diri sendiri. Oia, barang-barang yang digunakan di drama ini juga sangat menggambarkan tahun 1997, seperti pager, walkman, majalah dan masih banyak lagi.

Di series 1997 ini, kamu akan dipaksa untuk menebak, siapa yang nantinya akan menjadi suami Shi Won. Ada dua kandidat, yaitu Tae Woong dan Yoon Jae. Hayo, apakah Yoon Jae berhasil merebut Shi Won dari sang kakak, Tae Woong? Nonton preview dramanya lewat MV OST ini dulu, yuk! 😀

Reply 1994

Reply-1994-Poster-2

jung-woo-go-ara-reply-1994

Sseureki & Na Jung

Selang satu tahun kemudian, tvN kembali menyuguhkan series Reply, yaitu Reply 1994. Sama dengan Reply 1997, Reply 1994 mengisahkan tentang seorang gadis bernama Sung Na Jung yang mengidolakan pemain baseball. Na Jung tinggal bersama orangtuanya dan Kim Jae Joon, yang biasa dipanggil “Sseureki” yang dalam bahasa Inggris berarti “trash”. Namun, kisah fans dan idola di Reply 1994 ini tidak sebanyak seperti di Reply 1997. Dipertengahan cerita, ciri khas dari alur cerita Replypun hilang dan beralih menjadi kisah percintaan Na Jung dan Jung Woo sepenuhnya.

Kisah percintaan Na Jung dan Jung Woo sedikit rumit. Jung Woo adalah sahabat dari kakak kandung Na Jung yang sudah meninggal sejak kecil. Akibat kesedihan yang mendalam karena ditinggal sahabatnya, Jung Woo memutuskan untuk menjaga Na Jung sampai Na Jung besar dan akhirnya ia tinggal bersama keluarga Na Jung di Seoul. Bisa dikatakan, Jung Woo sudah seperti keluarga sendiri bagi Na Jung dan juga orangtuanya.
Yang membuat alur cerita Reply 1994 berbeda dengan Reply 1997 adalah, jika di 1997, Yoon Jae yang menyukai Shi Won terlebih dahulu, sedangkan di 1994, Na Junglah yang menyukai Jung Woo.

Orangtua Na Jung menyewakan kamar-kamar di rumahnya sebagai tempat kost. Kisah persahabatan di Reply 1994 ini menceritakan tentang pertemanan antara anak-anak kost yang menyewa kamar di rumah Na Jung, Na Jung dan juga Jung Woo.  Dalam Reply 1994, kamu akan diperkenalkan dengan nickname yang dinamakan sendiri oleh ibu Na Jung, seperti Samcheonpo, Haitai, Binggeure, Yoon Jin dan Chilbong. Lagi-lagi, ada salah satu karakter yang menyukai sesama jenis, Binggeure. Ia menyukai Jung Woo!

chil8

Na Jung & Chilbong

Sama halnya dengan Reply 1997, disini kamu akan dipaksa menebak dan mengira-ngira siapa yang akan menjadi suami Na Jung. Reply 1994 mempunyai dua kandidat kuat dan dipastikan kamu akan terkena second male lead syndrom untuk drama ini, yaitu Jung Woo dan Chilbong.

Reply 1994 sangat cocok untuk kamu yang mendambakan sosok “Oppa”. Oppa yang kamu idam-idamkan bisa kamu lihat dalam karakter Jung Woo. Dari sekian banyak orang-orang yang menonton drama ini, mereka mengaku patah hati karena yang mereka harapkan tidak sesuai dengan alur cerita. Kira-kira kenapa, ya? Tonton cuplikan salah satu OST-nya dulu, yuk!

Reply 1988

r88a-690x384

Suksesnya kedua series Reply, membuat sang sutradara memperbarui drama ini dengan dekade yang mundur 6 tahun ke belakang dari 1994, yaitu Reply 1988! Reply 1988 merupakan drama yang ramai dibicarakan karena ending yang sangat jauh dari ekspetasi.

11358118_476306662553380_693297114_n
Series 1988 mengisahkan tentang persahabatan antara Deok Sun, Choi Taek, Sun Woo, Jung Hwan dan Dong Ryong yang tinggal berdekatan satu sama lain sejak kecil. Deok Sun adalah gadis yang penuh semangat namun juga bodoh, Sun Woo adalah anak pintar yang sangat menyangi keluarga, Jung Hwan adalah anak yang cuek dan dingin, Dong Ryong adalah pembuat onar, sedangkan Choi Taek adalah pemain Baduk terkenal berkelas internasional.
Tidak seperti kedua series Reply sebelumnya, tidak hanya kisah persahabatan yang sangat kental diceritakan di Reply 1988, namun juga cinta pada keluarga, cinta pada sahabat dan cinta pada saudara. Sama seperti series Reply 1997 dan 1994, lagi-lagi kamu dipakasa untuk menebak siapa yang akan menjadi suami Deok Sun. Plot yang sulit ditebak akan membuat kamu susah berhenti untuk menonton drama ini. Kandidat untuk suami Deok Sun juga akan membuat kamu bingung untuk memilih, antara si cool Jung Hwan atau si imut Choi Taek.

201512301448501111_1_99_20151230150504

Jung Hwan & Choi Taek

Oh iya, pastikan kamu menyiapkan tissue dan juga cemilan ya kalau nonton Reply 1988, karena durasi waktu disetiap episodenya hampir 2 jam! Intip sedikit, yuk cuplikan-cuplikan dramanya 😀

 

Bagi kamu yang ingin nonton salah satu atau bahkan ketiga series Reply ini, pastikan kamu menontonnya dengan volume tidak terlalu kencang ya, karena banyak adegan teriak-teriak disetiap episodenya xD
Oh iya, jangan heran juga melihat orangtua dari Shi Won, Na Jung dan Deok Sun yng sama, karena memang merekalah pemeran tetap disetiap series Reply. Selamat menyaksikan Reply ❤

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: