The Scroch Trials: Film VS Buku

 

11 September 2015 kemarin menjadi hari yang ditunggu-tunggu bagi para penggemar film series, The Maze Runner. Yap, series kedua dari The Maze Runner; The Scroch Trials tayang di Indonesia!! Gue termasuk salah satu fans yang dengan sangat excited menyambut kehadiran film ini ๐Ÿ˜€

15-09-16-11-48-39-155_deco[1]

Digital poster ini terpampang dengan sangat keren di Stasiun Sudirman lho ๐Ÿ˜€ *bangga*


Film The Maze Runner sendiri tayang pada bulan September 2014 tahun lalu. Hampir setahun lamanya para fans film ini harus menunggu series kedua. Setelah film kedua tayang, gimana ya reaksi pembaca buku karya James Dashner ini? Gue sebagai salah satu pembaca series The Maze Runner, merasa kecewa sama alur cerita yang bener-bener beda dari buku. Tapi untuk filmnya, para castnya, Cranknya, sound effectnya, settingnya, tegangnya, gue acungin jempol. Apalagi para cast di film ini yang mendekati kriteria sempurna. So, lets discuss about the โ€˜missingโ€™ things!
Maze Runner The Scorch Trials

 

BAGIAN PERTAMA

Versi film: Setelah Thomas dan teman-temannya berhasil lolos dari Maze, mereka dibawa ke sebuah asrama yang aman karena terlindung dari para Crank di luar sana. Gladers yang selamat dari Maze hanya tersisa Thomas, Minho, Newt, Teresa, Frypan dan Winston. Sesampainya mereka di asrama, mereka disambut hangat oleh Janson dan langsung dipertemukan oleh anak-anak lainnya yang berasal dari maze berbeda. Di cafetaria, Thomas bertemu dengan seorang anak bernama Aris. Arislah yang mengajak Thomas untuk menyelundup ke sebuah ruangan terlarang yang ternyata sebagian besar anak-anak di asrama telah menjadi kelinci percobaan untuk menemukan obat agar sembuh dari penyakit Flare. Setelah melihat semua itu, Thomas dan teman-temannyapun memutuskan untuk kabur dari asrama.
Dari percakapan yang Thomas dan Aris dengar, mereka harus pergi ke pegunungan dan menemukan kelompok Right Arms yang juga menentang WICKED.

 

Versi buku: Thomas berhasil keluar dari Maze bersama 20 Gladers lainnya. Setibanya di asrama, Thomas dan Teresa ditempatkan di kamar yang berbeda. Keesokan harinya, Thomas pergi ke kamar Teresa untuk melihat kondisi gadis itu, tapi ternyata yang ada di ruangan Teresa bukanlah Teresa, melainkan Aris. Disitulah Thomas bertemu Aris. Aris sendiri berasal dari Maze Zona B, sedangkan Thomas dan Gladers lainnya berasal dari Zona A. Kalau Teresa menjadi wanita satu-satunya di Zona A, Aris adalah satu-satunya pria di Zona B.
Setelah bertemu Aris, para Gladerspun dipanggil ke sebuah ruangan dan disitulah Janson muncul di sebuah layar untuk pertama kali. Dia memberikan misi kepada Gladers untuk mengikuti tes selanjutnya, yaitu Scroch. Untuk menuju Scroch, mereka memasuki sebuah pintu ajaib yang disebut Flat Trans. Misi mereka adalah; melewati Scroch dan menemukan Zona Aman. Sampai sejauh mereka melewati Flat Trans dan behasil ke Scroch, Teresa sama sekali tidak muncul.

Sebenarnya ada satu scene yang gue harapkan ada di film. Sebelum mereka tiba di Scroch, mereka melewati lorong panjang dan gelap. Disana mereka melawan semacam bola mesin yang bisa memakan tubuh mereka bulat-bulat. Kalau kalian baca bukunya, itu adalah awal yang sangaaaaat menegangkan!

 

BAGIAN KEDUA

Versi film: Setelah melawan banyak Crank di sebuah Mall, Winston hampir berubah jadi Crank, badai pasir, mengahadapi petir (seharusnya adegan petir ini ada di bagian akhir buku, ketika mereka berhasil menemukan Zona Aman), akhirnya mereka menemukan sebuah gedung berpenghuni dan bertemu dengan Jorge dan Brenda. Pertemuan Jorge, Thomas beserta yang lainnya berlangsung sangaaaat friendly. Dengan mudah Jorge percaya dan membantu Thomas menemukan kelompok Right Arms (Right Arms sendiri sebenarnya ada di buku ketiga). Ketika mereka ingin pergi, salah satu kelompok Jorge, Barkley, ternyata adalah seorang mata-mata dari WICKED dan melaporkan rencana mereka ke Janson. Ketika Thomas dan Brenda belum sempat melarikan diri, gedung itu sengaja diledakkan oleh Jorge untuk melumpuhkan anggota WICKED dan membuat mereka berdua terpisah dari rombongan.

 

Versi buku: Thomas dan yang lainnya menemukan sebuah kota kecil dimana mereka bertemu Jorge dan Brenda. Kalau di film, Jorge dibuat mudah percaya oleh Thomas dan yang lainnya, tapi tidak untuk di buku. Sempat ada pertarungan sengit antara Jorge dan Minho yang membuat Jorge menyuruh anak buahnya untuk membunuh Minho. Namun, Thomas akhirnya bernegosiasi berdua dengan Jorge di sebuah ruangan tertutup dan berhasil membuat kesepakatan. Jorge setuju untuk membantu Thomas. Sebelum mereka pergi, Jorge menyuruh Thomas dan yang lainnya untuk menyantap makan malam di gudang bawah tanah. Ketika mereka semua sedang makan, salah satu anak buah Jorge, Barkley, meledakkan gedung dengan bom karena ia kesal meihat Jorge yang selalu bersikap seperti bos.

Jorge sendiri di buku dijelaskan bahwa ia sebenarnya adalah seorang pilot yang bisa mengendarai sebuah Berg (semacam pesawat). Tapi entah kenapa, Berg di film dibuat menjadi sebuah mobil tua milik Marcus yang dinamakan Bertha lol

 

BAGIAN KETIGA

Versi film: Di tengah pejalanan menuju pegunungan, mereka semua bertemu dengan Harriet dan Sonya yang ternyata merupakan kelompok dari Right Arms. Arispun mengenal mereka karena mereka berasal dari Maze Zona B. Setelah mendapat pertolongan dari Harriet dan juga Sonya, mereka akhirnya sampai ke pegunungan dan bertemu dengan ketua Right Arms, Vince. Secara diam-diam, Teresa melaporkan semua yang sudah direncanakan kepada WICKED. WICKED-pun langsung datang ke pegunungan untuk menjemput para manusia kebal untuk dijadikan kelinci percobaan. Semua berhasil lolos dari sergapan WICKED, kecuali Minho. Disinilah akhir dari film The Scroch Trials. (WHAT THE HELL)

Versi buku: Thomas bertemu dengan Teresa di tengah perjalanannya ke Zona Aman. Teresa tidak sendiri, ia bersama orang-orang yang berasal dari Zona B, yaitu Harriet dan Sonya. Teresa menculik, menyiksa dan memaksa Thomas untuk ikut dengannya. Sesampainya mereka di tempat persembunyian, ternyata Aris juga ada disana. Aris dan Teresa bersekongkol untuk menjebak Thomas. Tidak hanya itu, mereka bahkan seperti sepasang kekasih dan berani beciuman di depan Thomas. Untuk mengakhiri permainan, Thomas dipaksa agar masuk ke sebuah ruangan yang dipenuhi dengan asap dan membuat Thomas bermimpi. Thomas terbangun dari mimpinya lalu berhasil keluar dari ruangan tersebut. Saat itu juga Teresa meminta maaf kepada Thomas dan menjelaskan kepadanya bahwa semua yang dia lakukan untuk kebaikan Thomas. Tapi semua terlambat, Thomas membenci Teresa.

Singkat cerita, Thomas berhasil diselamatkan oleh Newt, Minho, Jorge dan Brenda. Merekapun berhasil menemukan Zona Aman. Zona Aman sendiri hanya sebuah tempat yang tidak jauh berbeda dengan Scroch. Terdapat peti dan sebuah bendera bertuliskan Zona Aman. Ketika mereka memasuki Zona Aman, sambaran petir dan Crank tiba-tiba muncul. Zona Aman yang dimaksud ternyata adalah, mereka harus melawan semua Crank dan bersembunyi di dalam peti agar tidak tersambar petir. Setelah melewati pertarungan menegangkan melawan Crank, mereka semuapun berhasil menyelesaikan misi Scroch.

Setelah berhasil melewati Scroch, mereka dibawa ke sebuah tempat oeh WICKED. Disitulah Thomas dipisahkan dengan Gladers lainnya di sebuah ruangan serba putih. SELESAI!

 

Jadi gimana setelah tau versi film dan bukunya? Menurut gue, versi buku memang jauh lebih rumit dan complex tapi jauh lebih seru dari pada versi film. Gue akuin kalau The Scroch Trials jauh lebih bagus dari pada series pertamanya, The Maze Runner. Sebenarnya ada satu kunci penting yang sayang banget gak diadain di film; Thomas dan Teresa bisa berkomunikasi lewat pikiran. Telepati ini udah ada dari buku yang pertama lho.
15-09-16-11-51-21-880_deco[1]

Kekacauan alur cerita di film kedua ini, gak membuat gue kapok nonton filmnya. Gue udah dua kali nonton The Scroch Trials dan masih jatuh hati sama keseluruhan efek maha dahsyatnya. Ditambah para cast di film ini yang bikin betah nontonnya, terutama Thomas Sangster yang berperan sebagai Newt!! Really attracted to his character โค

tumblr_nukm1rnBx61s7fblto3_1280.pngtumblr_numwcmxhy31u3a2bco1_540

Well, gue jadi penasaran gimana kelanjutan dari The Scroch Trials ini. Hmm..Masih harus nunggu lagi sampai 2017 untuk The Death Cure!! Mari kita berdoa, semoga di film ketiga, Glader yang tersisa bisa bertahan sampai akhir, termasuk Newt. Lets pray, Hermano.

Yang mau liat trailer movie ini bisa diliat disini.

Dan yang mau baca bukunya, bisa langsung beli di toko buku terdekat :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: